Jumat, 06 April 2012

Interaksi

Aku ingin mengenalmu lebih. Daripada sekadar kamu aktif di mana, melakukan apa, dengan siapa, aku ingin tahu lebih. Lebih daripada kamu mendefinisikan kegiatan berorganisasi itu seperti apa, aku mau lebih. Aku ingin kenal gagasanmu, aku ingin tahu pemikiranmu dan segala hal yang membuatmu bisa bertahan dalam porsi kegiatan yang sangat padat. Apa yang membuatmu bertahan? Rasa tidak enak dengan teman seperjuangan, kurasa bukan. Nyatanya kau pilih aktivitasmu yang lain dan kau tidak ada kabarnya lagi buat kepanitiaan kita.


Percayalah, tidak sehat terlalu sibuk itu, meski tujuannya baik. Layaknya robot yang diprogram untuk stabil pada situasi dan kondisi apa pun. Kau dan aku ini manusia dengan segala kemanusiaannya. Kita perlu berinteraksi layaknya manusia, perlu saling kenal, saling merasakan keberadaan masing-masing. Aku bukan pemrogrammu dan kau bukan program yang bisa aku atau siapa pun atasanmu mengaturmu tanpa batasan, meski aku atau siapa pun atasanmu adalah 'bos' bagi kehidupan organisasimu.


Tapi dalam cakupan kehidupan yang lebih luas, kita ini manusia. Aku perlu mengenalmu layaknya aku kenal manusia lainnya. Bukan karena proker, rapat, perintah saja, tapi jauh diatas itu semua. Aku ingin mengenalmu secara personal karena kita ini manusia, yang menjalankan proker pun manusia. Manusia dengan segala kemanusiaannya mesti diperlakukan layaknya manusia yang terdiri dari jasad, roh dan akal. Ketiganya meski kita isi dengan kebahagiaan yang Tuhan anugerahkan bagi manusia yang menikmati kehidupan ini. Jadi mari nikmati kehidupan ini bersamaku, sebagai sesama manusia. Mari berinteraksi layaknya manusia.

2 komentar:

Kamu pengunjung ke