Jumat, 01 Januari 2010

Rohis Ideal

Tulisan ini khusus saya susun untuk temen-temen pengurus DKM NK V'11 SMA Negeri 5 Bandung sebagai masukan untuk DKM (Rohis) dalam menjalankan kegiatan dakwahnya. Semoga menginspirasi kalian untuk selalu konsisten dan menghasilkan karya-karya nyata yang terbaik dalam menjalani sisa setengah masa kepengurusan di DKM.

Hasan Al Banna menjabarkan bahwa karakteristik gerakannya (menurut saya ini ideal jika ditransformasikan dalam bentuk rohis) adalah :

1. Da'wah Salafiyah (Dakwah Salaf)
Rohis mengajak masyarakat lingungan sekolah pada Islam yang sumbernya dari Kitab Allah dan Sunnah RasulNya.

2. Thariqah Sunniyah (Jalan Sunnah)
Rohis beramal dengan sunnah yang suci, khususnya dalam masalah 'aqidah dan 'ibadah, semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan mereka.

3. Haqiqah Shufiyah (Hakikat Sufi)
Rohis memahami bahwa asas kebaikan adalah kesucian jiwa, kejernihan hati, kontinuitas amal, berpaling dari ketergantungan kepada makhluk, mahabbah fillah, dan keterikatan pada kebaikan.

4. Haiah Siyasiyah (Lembaga Politik)
Rohis menuntut perbaikan terhadap peraturan dalam lingkungan sekolah dan membangun citra positif yang terkait dengan hubungan Rohis dengan pergaulan dalam dan luar sekolah.

5. Jama'ah Riyadhiyah (Kelompok Olahraga)
Rohis memerhatikan masalah fisik dan memahami benar bahwa seorang Muslim dan Muslimah yang kuat itu lebih baik daripada seorang Muslim dan Muslimah yang lemah.

6. Rabithah 'Ilmiyah Tsaqafiyah (Ikatan Ilmiah Berwawasan)
Rohis memahami bahwa sesungguhnya Islam menjadikan Tholabul 'Ilmi sebagai kewajiban bagi setiap Muslim dan Muslimah,
dan mendukung kegiatan belajar mengajar di lingkungan sekolah.

7. Syirkah Iqtishadiyah (Perserikatan Ekonomi)
Rohis menyadari bahwa Islam memerhatikan masalah perolehan harta dan pendistribusiannya, serta berusaha membangun kegiatan Enterpreneuship sebagai aktualisasi Hadist Rasul (kalau ga salah berbunyi:),"Sembilan dari Sepuluh pintu rezeki adalah dari perdagangan".

8. Fikrah Ijtima'iyah (Pemikiran Sosial)
Rohis menaruh perhatian pada segala penyakit moral dan sosial yang ada, khususnya di lingkungan sekolah, umumnya pada masyarakat dunia dan berusaha mengobatinya.

(Terinspirasi dari : "Saksikan bahwa Aku Seorang Muslim" karya Salim A. Fillah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kamu pengunjung ke